Jumat, 28 Oktober 2011

Gempa 6,9 SR Guncang Pantai Peru

Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang kawasan pantai Peru tengah, Jumat (28/10/2011). Ribuan penduduk Lima dan kota-kota lain panik dan berhamburan ke jalan.
Para pejabat Peru menyatakan belum menerima laporan mengenai kerusakan atau korban. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengeluarkan peringatan tsunami luas setelah gempa itu.
Gempa terjadi pada pukul 18.54 GMT (Sabtu pukul 01.54 WIB) di kawasan pantai Pasifik, sekitar 288 kilometer sebelah tenggara Lima, kata badan gempa AS (USGS) dalam laporan terbarunya.
Mengutip USGS, pusat gempa terletak di lokasi 51 kilometer sebelah barat daya kota Ica, ibu kota provinsi Ica, dengan kedalaman 25 kilometer.
Pada 15 Agustus 2007, gempa dengan kekuatan 7,9 skala Richter menghancurkan provinsi Ica, yang menewaskan sekitar 500 orang dan menimbulkan kerusakan parah pada bangunan-bangunan dan prasarana di wilayah itu.
Pada 2009, lebih dari 140 gempa dengan kekuatan mulai dari 4,0 skala Richter dirasakan di Peru yang, menurut para ahli geologi, teletak di kawasan Cincin Api Pasifik karena kegiatan seismiknya yang besar.
Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan bahwa gempa dengan kekuatan tersebut "kadang-kadang menimbulkan tsunami lokal yang bisa destruktif".
Gempa Peru terjadi hanya beberapa hari setelah gempa besar yang mematikan melanda Turki. Badan Penanganan Darurat dan Bencana Turki mengatakan, Jumat, korban tewas akibat gempa itu telah mencapai 570 orang dan 2.500 orang cedera. Sekitar 10.000 orang kehilangan tempat tinggal setelah gempa tersebut, yang terjadi pada Minggu (23/10/2011).

Wanita Mengubah Gaya Pasangannya


Perempuan mana pun pasti gemas melihat penampilan pasangannya yang asal-asalan, atau kurang dapat menyesuaikan dengan gaya perempuan tersebut. "Masa pakai jins, kemejanya dimasukin, sih? Jadul banget," keluh seorang perempuan sambil menarik-narik keluar kemeja pasangannya.
Karena kurang puas dengan penampilan pasangannya, banyak perempuan yang lalu berusaha mengubah gaya pasangannya tersebut. Aktris Inggris Elizabeth Hurley, misalnya, diketahui me-makeover gaya tunangannya, Shane Warne. Shane yang sebelumnya kerap tampil urakan kini terlihat lebih klimis. Mantan pemain kriket dari Australia ini juga tampak lebih ramping. Pasangan ini juga terlihat kerap memakai pakaian yang serasi.
Liz Hurley tak sendiri. Sebuah survei dari Wilkinson Sword, produsen pisau cukur, mengungkapkan, tujuh dari 10 perempuan mengaku melakukan makeover terhadap pasangannya, hanya beberapa minggu setelah jadian. Macam-macam yang dilakukan perempuan untuk memperbaiki penampilan pasangannya, dari mendorongnya untuk mengonsumsi makanan tertentu, mengenakan jenis pakaian tertentu, hingga memintanya menumbuhkan kumis atau jenggot.
Lebih dari 38 persen perempuan dilaporkan ingin mengubah cara pasangannya berpakaian, sementara seperempat perempuan mengakui meminta pasangannya lebih rajin bercukur. Seperempat dari 2.000 perempuan di Inggris yang disurvei juga mengatakan, hanya dua minggu setelah jadian, mereka sudah membentuk pasangan menjadi pria yang "sempurna" menurut versi mereka. Bagian paling penting yang ingin diubah oleh perempuan adalah kebiasaan pasangannya merawat diri.

Dalam urusan perawatan wajah, perempuan meminta pasangannya mengubah produk aftershave-nya (20 persen), merapikan bulu hidung dan telinganya (17 persen), mencabut alis (16 persen), rutin memakai pelembab (13 persen), dan menggunakan pasta gigi berpemutih (8 persen).

"Penelitian ini menunjukkan bahwa ada 'Shane Warne effect' yang terjadi di seluruh negara ini. Pengaruh positif yang dilakukan Liz Hurley pada penampilan keseluruhan Shane Warne itu luar biasa, dan tampaknya para perempuan Inggris ingin menciptakan hasil yang sama pada pasangan mereka," tutur Jason Shankey, pakar perawatan tubuh dari Wilkinson Sword.

Survei ini juga mendapati bahwa sepertiga perempuan yang disurvei merasa bahwa mereka mengontrol kekasih atau suami mereka, yang 60 persennya mengklaim bahwa mereka "tahu yang terbaik" bila dikaitkan dengan bagaimana penampilan belahan jiwa mereka itu. Kemudian, 40 persen perempuan merasa bahwa mengubah penampilan pasangan sudah menjadi tugas kaum perempuan. Oleh karena itu, mereka akan berusaha sekuat tenaga melakukannya. Sepertiga perempuan akan melakukannya dengan perlahan, sepertiga lainnya melakukannya diam-diam, dan sisanya dengan terang-terangan meminta pasangannya untuk berubah

Jawaban FIFA Soal Konflik Internal di PSSI

FIFA dan AFC menjawab surat aduan Komite anggota Eksekutif (Exco) PSSI La Nyalla Mattallitti dan sejumlah klub Liga Super Indonesia (ISL) pada 14 Oktober 2011 lalu. La Nyalla Cs mengirimkan surat ke FIFA berupa keberatan atas putusan Exco PSSI pada 21 September 2011 mengenai jumlah peserta kompetisi yang mencapai 24 klub, serta pembentukan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).
FIFA merespon surat tersebut, dan mengirimkan balasan melalui surat elektronik kepada sekjen PSSI Tri Goestoro pada 25 Oktober yang ditandatangani sekjen FIFA Jerome Valcke dan sekjen AFC Alex Soosay.
Dilansir Goal, FIFA dan AFC menyatakan tidak ikut campur dalam konflik internal di tubuh PSSI. Demikian salah satu poin isi surat FIFA yang dikirim kepada PSSI.
“FIFA dan AFC sepakat masalah ini merupakan masalah internal, dan kami tidak akan melakukan intervensi. Kami menginformasikan kepada Anda, masalah ini bisa diselesaikan melalui arbitrasi sesuai dengan pasal 69 Statuta FIFA, atau melalui kongres PSSI yang merupakan badan tertinggi asosiasi. Untuk diperhatikan, ini merupakan informasi umum, dan tidak berhubungan dengan keputusan-keputusan yang akan diambil di masa mendatang. FIFA dan AFC berharap semua keputusan yang diambil komite eksekutif PSSI tetap sesuai dengan Statuta PSSI. Kami berharap terus mendapat informasi mengenai perkembangan masalah ini,” demikian pernyataan FIFA.

HP Luncurkan 3 Notebook Kelas Premium


HP hari ini meluncurkan tiga model notebook terbaru di Indonesia. Ketiga model notebook tersbeut diluncurkan untuk menyasar kelas menengah ke atas (premium). Yang ditonjolkan oleh tiga produk terbarunya bukan hanya teknologi, tetapi keunikan fitur yang tidak dimiliki oleh produk lain.
"Sebuah penelitian menyatakan bahwa harga notebook Rp 8 jutaan ke atas pangsa pasarnya mencapai 20 persen. Kami menargetkan untuk memasuki pangsa pasar tersebut. Selain memberikan keunggulan dalam hal teknologi dan fitur, kami juga memberikan keunggulan dalam hal pelayanan, mulai dari tempat penjualan, saat pembelian, hingga post pembelian (sesudah pembelian," ujar Mariana Kasim, Category Director Personal Systems Group HP Indonesia, saat jumpa pers di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2011).
Tiga model notebook yang diluncurkan adalah HP Envy 14 Beats Edition, HP Probook 5330 Beats Audio, dan HP Pavilion dv6. Perbedaan layanan yang dimaksud Mariana adalah, ketiga produk ini hanya dijual di 15 kota besar di Indonesia, dengan hanya 60 toko di mal-mal tertentu. Selama pembelian, pembeli akan dilayani oleh staf khusus. Lalu setelah pembelian, konsumen diberikan layanan costumer care 24 jam.
"Untuk HP Envy disediakan layanan telepon 24 jam, dimana teknisi akan datang ke rumah apabila dibutuhkan. Sedangkan HP Probook menyediakan layanan antar-jemput notebook selama masa perbaikan, dan Pavilion dv6 memberikan layanan 30 menit express service di 55 costumer care di seluruh Indonesia. Jadi pengguna HP Pavilion dv6 akan didahulukan kalau datang ke costumer care," jelas Mariana.
Inovasi yang dimiliki ketiga produk ini secara umum menurut Mariana adalah memiliki fitur Beats Audio, HP Coolsense (yang membuat notebook tidak cepat panas), layanan log in ke semua email dan semua akun media sosial milik pengguna notebook dengan hanya menggunakan sidik jari, layar high definition untuk tampilan yang jernih, dan teknologi DP55 VRAM memory bandwith yang memberikan performa 20 persen lebih baik, serta dukungan prosesor terbaru Intel Quad Core.
HP Envy diperuntukkan bagi konsumen yang mengutamakan style, karena bentuknya tipis, dengan material yang lebih halus. "Dari namanya saja, Envy, artinya benci, iri hati. Jadi produk ini diharapkan bisa membuat orang lain iri ketika melihat kita menggunakannya," ungkap Mariana.
Sedangkan HP Probook 5330 diperuntukkan bagi konsumen yang mengutamakan brand atau merk. Probook dan Envy merupakan dua notebook yang memiliki sound beats edition, yakni teknologi yang bisa menghasilkan suara yang jernih, sehingga bisa digunakan untuk mendengarkan musik, film, game, dan segala bentuk entertainment lain.
Terakhir, HP Pavilion dv6 diperuntukkan bagi konsumen yang mengutamakan tren. Segala hal yang baru, mulai dari teknologi hingga fitur, disediakan oleh notebook ini. Notebook ini disiapkan untuk kalangan profesional, untuk kepentingan bisnis, sekaligus juga memiliki fitur entertainment untuk hiburan.
Tiga produk ini sudah mulai dijual sejak Oktober 2011 dengan harga 999 dollar AS untuk HP Probook 5330, 1.799 dollar AS untuk HP Envy 14, 1.299 dollar AS untuk HP Pavilion dv6 white linen, dan 1.699 untuk HP Pavilion dv6. Untuk HP Pavilion dv6 white linen tersedia dalam jumlah unit yang terbatas.

Kecelakaan Maut GP Malaysia | Cedera Bikin Edwards Tak Hadiri Pemakaman Simoncelli


Colin Edwards akan absen pada seri terakhir MotoGP 2011 di Valencia, 6 November. Pasalnya, dia perlu menjalani operasi untuk memulihkan cedera akibat tabrakan maut di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (23/10/2011), yang merenggut nyawa Marco Simoncelli.

Dalam sebuah pemeriksaan di Houston pekan ini, pebalap Tech 3 Yamaha tersebut didiagnosis mengalami beberapa patah tulang pada lengan kiri. Edwards dan Valentino Rossi terlibat dalam insiden tragis tersebut, setelah Simoncelli jatuh dan meluncur ke jalur yang dilewati mereka.
Kemarin saya menyaksikan pemakaman Marco, dan saya benar-benar berharap bisa ada di sana. Saya ingin pergi, tetapi sayang, cedera ini membuat saya tidak bisa ke sana.
-- Colin Edwards
Pebalap Amerika Serikat tersebut akan menjalani operasi pada Selasa pekan depan, dan dia membutuhkan waktu empat pekan untuk menjalani proses penyembuhan. Dengan demikian, Edwards pasti absen pada balapan di Spanyol sehingga posisinya akan digantikan oleh pebalap ketiga.

"Beberapa tulang lengan atasku mengalami patah kecil, tetapi tulang rawan di sekitar tulang itu sudah tertarik," ujar Edwards, yang seharusnya tampil untuk kali terakhir bersama tim Tech 3, sebelum pindah ke Forward Racing pada musim depan.

"Operasi dilakukan untuk menarik kembali tulang rawan. Tidak ada kerusakan saraf. Jadi, saya harus berada dalam kondisi 100 persen dalam waktu sekitar empat minggu."

Dia juga berterima kasih kepada fans atas dukungan mereka setelah kecelakaan maut di Sepang. Dalam kesempatan yang sama, Edwards menyatakan penyesalan karena tidak bisa menghadiri pemakaman Simoncelli.

"Pertama, saya ingin berterima kasih kepada setiap orang atas semua dukungannya sejak hari Minggu," ujar Edwards. "Dukungan dan cinta yang besar telah menjadi sesuatu yang menghibur bagi saya pada masa sulit ini."

"Hati saya berada bersama keluarga dan teman-teman Marco, dan saya akan sangat merindukannya, seperti seluruh keluarga MotoGP."

"Kemarin saya menyaksikan pemakaman Marco, dan saya benar-benar berharap bisa ada di sana. Saya ingin pergi, tetapi sayang, cedera ini membuat saya tidak bisa ke sana."

"Saya tahu Valentino berbicara kepada keluarga Marco atas nama saya, dan saya berterima kasih kepadanya untuk itu."

Rieke Berkaca-kaca di Antara Massa Buruh di DPR


Anggota Pansus BPJS di DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, yang getol memperjuangkan pengesahan Undang-Undang BPJS mendatangi massa unjuk rasa yang telah menunggu hasil sidang paripurna, Jumat (28/10/2011) malam. Ia datang bersama rekan separtainya, Ribka Tjiptaning.
Kedatangan keduanya disambut hangat dan gembira oleh massa buruh. Mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan buruh, sambil melompat-lompat dan berteriak kegirangan.
Rieke yang tengah hamil tampak tetap tersenyum dan melambaikan tangan kepada massa. Ia memakai baju hitam dan blazer merah, sedangkan Ribka memakai baju batik.
Saat Ribka menyatakan sikap atas peresmian UU BPJS, Rieke yang berada di sampingnya tampak berkaca-kaca. Pasalnya Undang-Undang BPJS yang selama ini diperjuangkan telah ketok palu untuk dilaksanakan.
"Kawan-kawan sekalian, perjuangan yang luar biasa. Alhamdulillah, Puji Tuhan, akhirnya disahkan. Malam hari ini, kita melihat hasilnya. Kita berjuang bertahun-tahun tidak sia-sia," ujar Ribka.
Ribka kemudian memimpin massa menyanyikan lagu tentang nasib buruh. Rieke mengepalkan tangannya dan ikut bernyanyi.
"Pergelutan di parlemen tidak gampang. Ini kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, kita berhasil, tapi bukan berarti perjalanan kita selesai. Saya mengucapkan terima kasih untuk semua yang mendukung UU BPJS," ucap Rieke.
"Kita harus awasi agar lembar kertas undang-undang ini tidak hanya jadi macan ompong tanpa dilaksanakan," sambungnya.
Para buruh kemudian saling berpelukan dan bernyanyi bersama. Tampak euforia terpancar di wajah mereka. Suasana haru menyelimuti massa buruh yang tersisa di depan Gedung DPR RI.
Kini mereka menaiki busnya masing-masing dan pulang ke kampung halamannya. "Kami bahagia, perjuangan kami tidak sia-sia. Terima kasih untuk semua yang membantu," ujar salah seorang buruh asal Karawang sebelum berangkat bersama busnya.

Foto Karya Ani Yudhoyono | Supaya Tidak Dikira Gaya-gayaan


Sebuah buku yang memuat foto-foto karya Ny Ani Yudhoyono, Jumat (28/10/2011) malam, diluncurkan di Galeri Nasional, Jalan Merdeka Timur 14, Jakarta.
Upacara peluncuran ini cukup meriah dan punya daya tarik, yaitu sambutan Ny Ani Yudhoyono. Ny Ani, selain punya ciri khas memotret, juga berpidato lepas teks dan menarik hati.
Awalnya, Ny Ani tidak ingin menerbitkan buku ini. Namun, salah seorang saudarinya mengatakan, ”Mbak Ani harus menerbitkan buku itu. Kalau tidak, nanti dikira hanya untuk gaya-gayaan ke sana kemari bawa tustel dan tripod.”
Ny Ani dan saudarinya yang memanggil Ny Ani dengan sebutan Mbak Ani itu kemudian menceritakan, ada fotografer yang selalu memotret di depan Ny Ani dan saudarinya itu, tetapi tidak pernah memperlihatkan hasilnya. ”Jangan-jangan tustel fotografer itu kosong dan tidak ada filmnya, cuma gaya-gayaan,” katanya.
Dalam posisinya sebagai Ibu Negara, Ny Ani berterus terang mendapat privilese atau keistimewaan untuk bisa mendapat obyek foto yang bagus. Misalnya, ketika berkunjung ke India tahun lalu bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri upacara hari kemerdekaan negara itu. Saat itu, Presiden Yudhoyono sebagai tamu kehormatan utama.
Untuk masuk ke tempat acara yang dihadiri rakyat India dan para tamu undangan dari negara-negara lain, ada larangan bagi siapa pun untuk membawa telepon genggam dan atau tustel. Sebenarnya, barang yang dilarang dibawa masuk ke tempat upacara tidak hanya tustel, tetapi juga peniti, bolpoin, dan notes.
Ny Ani membawa tustel kecil yang disimpan di bawah selendangnya. ”Selendang itu tidak saya kenakan, tetapi saya jinjing untuk menutup tustel dan lolos,” ujarnya.
Namun, ketika akan menggunakan tustel itu, Ny Ani minta izin kepada tuan rumah dan diperkenankan.
”Ketika saya memotret tank baja, saya tidak mengira, laras tank itu diarahkan ke tribune tempat saya memotret. Waduh kalau dor bagaimana? Akan tetapi, ternyata laras tank itu ditundukkan,” ujarnya disambut tawa hadirin.
Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Trias Kuncahyono mengatakan, ”Ini saya bilang tulus. Bagus banget, ya, foto-foto karya Bu Ani.”
Selamat, Bu Ani. Selamat berkreasi.

Puisi Muhammad Nurcholis


Sonet 5: Tentang Pelangi yang Terbit di Malam Hari
Bila mentari telah merangkak pada ujung barat lereng Merapi diamdiam, awan akan bersitegang dengan kegelapan — yang mulai merayap saat nyanyian malam dari gangsir telah berdendang.   Rembulan telah menisbatkan diri sebagai ratu malam pada tiga jam setelah gelap telah merayap sempurna, Gerimis merintik sebab awan tersakiti oleh malam yang telah mengusir segala keindahan angkasa.   Pada kesepian malam aku sedang mendulang rasa dari sejumput hujan yang telah mengairi talang serupa kata yang sedang diolah oleh penyair cinta: tanpa kebohongan, tanpa deraian kata sayang.   di Langit tidak ada kegelapan. dari tirai gerimis yang tertempa rembulan, aku melihat pelangi tengah tersenyum manis. 2010
Semacam Ode bagi Pertemuan Kita
Aku telah mengenalmu jauh sebelum kita bertemu pada sesorean bisu di sebuah gedung tua bercat kelabu. Kita telah meninggalkan sajak. Tanpa katakata, tanpa suara yang jelas terekam oleh gendang telinga. Barangkali hanya waktu yang telah merekam pertemuan kita. "Adakah yang lebih getir dari pertemuan tanpa perjumpaan?" tanyaku dalam waktu yang kini semakin jenjang, meninggalkan kita yang sibuk dengan perkara dunia. "Kita bisa berjumpa bila kita kita sudah berkenalan" begitu mungkin jawabmu yang memang selalu akur dengan nalar. Aku ini orang pandir, tak paham tentang dunia yang semakin getir. Hanya mengerti bagaimana pohon telah setia menunggu hujan. Aku telah jauh mengenalmu sebelum gerimis yang berbaris ritmis telah berubah menjadi hujan yang meruah, sebelum waktu telah mengikis usia yang semakin kelabu. Dan di langit barat, pelangi telah memandangku. Menunggu hujan, menunggu matahari tanpa kegamangan. 2010
Karang
Kita telah berhimpun dalam gugus karang dalam luas samudera tak berhingga. Ombak-ombak berdebur, tsunami sesekali bergulung. Ikan-ikan telah meninggalkan sarang, sebilah pedang yang kukira teripang telah menancap di dadaku, gurita telah tertangkap nelayan sebagai penyambung kehidupan. Tidak ada yang hilang dari kita ketika semuanya pergi, ketika semua hilang. Sebab karang takkan bergeser oleh gelinjang badai. Kita adalah karang tempat berlindung ikan-ikan, tempat kokoh bersauh jangkar kapal. Barangkali, hanya ketiadaan yang bisa membuat kita lapuk. Membuat kita tiada setelah ketiadaan menimpa kita semua.*
2010
Terzina: Yang Tak Berubah
Tentang kenangan yang terlipat Tersendat melintas waktu Mengapung dalam sendu   Engkau, terperangkap dalam masa lalu Tetap terkenang dalam hati Sampai mungkin aku mati. 2010
M. Nurcholis lahir pada 22 Juni 1986 di kota Cilacap. Menulis Puisi dan Cerpen di waktu senggangnya. Kontak: Twitter: n_choliz Facebook: Muhammad Nurcholis

Pertemuan Pers | Pers Dunia Islam Bertemu di Teheran


Ratusan jurnalis dari negara-negara berpenduduk Islam berkumpul di Teheran, Iran, untuk menyelenggarakan pertemuan Pers Dunia Islam, yang berlangsung hari Sabtu (29/10/2011) besok.
Wartawan Kompas, M Nasir, dari Teheran, Jumat (28/10/2011) malam ini, melaporkan, dalam kaitan pertemuan itu, media online dan media cetak Islam yang terbit di Inggris, Rusia, dan Kanada, serta negara lainnya dipamerkan di Pameran Media Internasional di Teheran. Pameran itu berlangsung pada25 Oktober sampai 1 November 2011 itu.
Delegasi pertemuan Pers Dunia Islam juga berkunjung ke rumah Imam Khomeini di kota Qom, Iran, Kamis (27/10/2011) lalu. Rumah pemimpin revolusi Islam Iran tahun 1979 itu memang dikunjungi banyak wisatawan asing setiap hari.

iPhone 4S Mulai Dijual di Singapura

Ribuan orang memadati sejumlah tempat di Singapura untuk mendapatkan iPhone 4S, yang baru saja dijual di negeri itu. Antrean mengular sejak Kamis pagi untuk mendapakan iPhone terbaru yang akan mulai dijual tengah malam, Jumat, 28 Oktober 2011.

Salah satu provider, Singtel, merilis penjualan iPhone 4S di Suntec Convention Centre. SingTel menyiapkan 55 booths dengan petugas yang siaga untuk melayani pembeli yang telah mendaftar mendapatkan iPhone 4S.

Salah satu pembeli, Jessie Tan, mengaku sangat antusias mendapatkan smartphone yang dilengkapi asisten pengidentifikasi suara, Siri, ini. "Saya tidak bisa menahan diri saya karena sangat antusias dengan event peluncuran ini," ucap Jessie Tan.

Selain SingTel, provider lain yang juga menjual iPhone 4S adalah M1 dan Starhub. M1 menjual iPhone 4S di sejumlah tempat, antara lain Bugis Junction, Change Alley, IMM, Tampines, Plaza Singapura, dan Westmall.

Sedangkan Starhub akan menjual iPhone 4S hanya kepada pelanggan yang menerima undangan. Ada 35 tempat yang ditunjuk Starhub untuk menjual iPhone 4S di Singapura.

Apple Ganti Produsen untuk iPhone dan iPad

Pegatron, salah satu perusahaan pembuat perangkat keras asal Taiwan, yang merupakan anak perusahaan Asustek yang dilepas dan kini berdiri sendiri, berhasil meraih kontrak untuk memproduksi 15 juta unit Apple iPhone 4S.

Padahal sebelumnya, menurut sumber yang dikutip oleh Taiwan Economic News, Hon Hai, yang miliki brand populer, Foxconn, diketahui memiliki perjanjian eksklusif dengan Apple.

Jika laporan tersebut terbukti benar, tampak terlihat bahwa Apple tengah berupaya mengambil jarak dari Hon Hai – Foxconn, setelah marak beredar kabar terkait bagaimana salah satu perusahaan pabrikan hardware tersebut memperlakukan karyawannya.

Dikutip dari TechEye, 27 Oktober 2011, dari laporan tersebut juga terungkap bahwa Pegatron ada kemungkinan akan mengambil alih pembuatan iPad 3 serta iPhone 5 dari Hon Hai.

Dengan ini, sejumlah analis menilai, meski mengalami awal yang kurang baik, tampaknya Pegatron kini mulai mampu bertahan dan memperkuat posisinya karena sumber yang sama juga mengklaim bahwa Pegatron akan membuat perangkat ultrabook berbasis Intel baik untuk Asus ataupun Lenovo

Tolak BPJS Jadi Komoditas Pilpres 2014

Ribuan orang mengepung Gedung DPR RI. Mereka berdemonstrasi menuntut pemerintah dan DPR mengesahkan Rancangan Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS) menjadi Undang Undang.

Demonstran dalam aksi itu terdiri dari gabungan 69 serikat pekerja dan aliansi buruh se-Indonesia. Mereka bersatu dan mengatasnamakan diri sebagai ‘Komite Aksi Jaminan Sosial.’ Selain menuntut pengesahan UU BPJS, mereka juga menuntut UU BPJS segera diberlakukan.

Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial, Said Iqbal mengatakan, Panitia Khusus BPJS dan pemerintah sudah menyepakati bahwa BPJS 1 yang khusus menangani kesehatan, akan beroperasi per tanggal 1 Januari 2014. BPJS 1 ini akan menggantikan Asuransi Kesehatan (Askes).

“Namun untuk BPJS 2 yang meliputi jaminan sosial lain, baru akan ditransformasikan pada 2016,” ujar Said. Pemerintah memang memutuskan menunda pemberlakuan BPJS 2 sampai dua tahun, yakni dari tahun 2014 ke 2016. Padahal, tutur Said, BPJS 2 ini akan menggantikan peran Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) yang meliputi kecelakaan kerja, kematian, dan tunjangan hari tua.

Said berpendapat, sikap pemerintah yang bersikeras menunda pelaksanaan BPJS 2 sampai tahun 2016, patut dipertanyakan. “Ini menjadi tanda tanya bagi rakyat, mengapa waktu transformasi antara BPJS 1 dan BPJS 2 dibedakan? Patut diwaspadai, jangan-jangan uang buruh yang ada di Jamsostek akan digunakan untuk Pilpres 2014,” kata dia.

Oleh sebab itu, Komite Aksi Jaminan Sosial menuntut dilakukannya transformasi serempak pada tahun 2014. Said mengatakan, tak seharusnya ada dua waktu transformasi. “Kami menuntut tahun transformasi BPJS dilakukan serempak pada 2014, agar tidak dijadikan komoditas untuk Pemilihan Presiden (Pilpres),” ujarnya.

Pakar Gempa | Misteri Patahan Lembang


Para peneliti telah berhasil mengungkap karakter patahan Lembang yang terletak di Jawa Barat.
Dalam pemaparan hasil penelitiannya, para ahli mengungkapkan, patahan Lembang ditemukan aktif. Penemuan menggunakan dua metode yakni pengamatan data GPS di daratan dan penggalian hasil longsoran tanah yang terletak dalam patahan tersebut.

“Sesar Lembang ditemukan aktif,” ujar Irwan Meilano di sela-sela pemaparan hasil penelitian dalam Workshop Multi Diciplinary Hazard reduction from Earthquake and Volcanoes in Indonesia di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat 28 Oktober 2011.

Penemuan bahwa Patahan Lembang aktif menggunakan pengamatan GPS dengan memasang alat tersebut di daratan, dari catatan GPS, menunjukkan gerakan yang berarti patahan tersebut tak diam.

Dalam pemaparan tersebut, juga ditemukan bahwa 2.000 tahun lalu, patahan Lembang pernah bergeser yang menimbulkan 6,8 momen magnitude atau skala gempa. Sementara sekitar 500 tahun lalu patahan ini juga bergeser dengan menghasilkan 6,6 skala gempa. “Kami juga telah mengetahui karakter Lembang, meskipun belum secara detail,” tambahnya.

Skala gempa yang ditemukan tersebut bisa menjadi gambaran besaran gempa yang terjadi. Irwan menyatakan bahwa ada hubungan yang dekat antara besaran gempa dengan skala gempa tersebut.

Dari pengamatan GPS, diketahui juga kecepatan laju geser tersebut. “Untuk sesar Cimandiri kecepatannya 4 sampai 6 mm/tahun, sedangkan sesar Lembang 2 sampai 4 mm/tahun,” tambahnya.

Hasil penelitian ini merupakan kerjasama antara LIPI, JICA, Kemenristek untuk mengurangi dampak kerusakan akibat gempa dan bencana di Indonesia. Dalam proyek ini menggabungkan dengan berbagai disiplin ilmu, agar dapat tersosialisasi dengan baik di masyarakat. Dalam proyek ini dibagi beberapa kelompok yakni kelompok peneliti sumber gempa dan tsunami, kelompok vulkanologi, kelompok engineering, kelompok sosial dan kelompok pendidikan. “Diharapkan nantinya dapat diaplikasikan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Untuk diketahui, patahan Lembang terkait dengan potensi gempa besar yang mengancam Kota Bandung. eberapa bangunan yang tepat berada di atas sesar Lembang antara lain adalah Observatorium Bosscha, Sesko AU, Sespim Polri, Detasemen Kavaleri TNI-AD, dan Restoran The Peak. 

Daerah lain yang juga dilintasi Sesar Lembang adalah Gunung Palasari, Batunyusun, Gunung Batu & Gunung Lembang, Cihideung, dan Jambudipa bagian barat. Wilayah-wilayah tersebut merupakan wilayah pemukiman yang padat dan dapat berpotensi membahayakan.

Sesi Latihan I GP India Di Warnai Anjing Liar


Pembalap McLaren Lewis Hamilton menjadi yang tercepat di sesi Free Practice I Grand Prix India, Jumat, 28 Oktober 2011. Dalam sesi di Sirkuit Buddh International, Hamilton mencatatkan waktu 1 menit 26,836 detik.
Juara dunia Sebastian Vettel ada di posisi kedua. Rekan satu timnya di Red Bull, Sebastian Vettel, menempel di posisi ketiga.
Sesi latihan bebas ini sempat diwarnai dengan berkibarnya bendera merah tanda latihan dihentikan. Pasalnya, tiba-tiba muncul anjing liar berwarna coklat yang berlarian di atas trek. Selain itu sesi pertama ini juga diwarnai kecelakaan yang melibatkan pembalap Torro Rosso Jaime Alguersuari.
Alguersuari menikung terlalu tajam di tikungan delapan dan membuatnya spin di atas lintasan. Pembalap lain, Pastor Maldonado juga mengalami masalah ketika keluar asap dari mobil Williams miliknya. (irb)
Catatan waktu:
1.Lewis Hamilton    McLaren    01:26.836    22
2.Sebastian Vettel    Red Bull    01:27.416    23
3. Mark Webber    Red Bull    01:27.428    27
4. Jenson Button    McLaren    01:28.394    23
5. Michael Schumacher    Mercedes    01:28.531    23
6. Nico Rosberg    Mercedes    01:28.542    29
7. Felipe Massa    Ferrari    01:28.644    22
8. Adrian Sutil    Force India    01:28.705    23
9. Sebastien Buemi    Toro Rosso    01:29.219    24
10. Kamui Kobayashi    Sauber    01:29.355    29
11. Paul di Resta    Force India    01:29.700    24
12. Vitaly Petrov    Lotus Renault    01:29.705    22
13. Bruno Senna    Lotus Renault    01:29.799    20
14. Sergio Perez    Sauber    01:30.132    25
15. Rubens Barrichello    Williams    01:30.367    21
16. Jaime Alguersuari    Toro Rosso    01:30.556    19
17. Pastor Maldonado    Williams    01:30.669    22
18. Jarno Trulli    Team Lotus    01:30.818    22
19. Karun Chandhok    Team Lotus    01:32.487    24
20. Timo Glock    Virgin    01:32.771    24
21. Daniel Ricciardo    HRT    01:33.928    27
22. Narain Karthikeyan    HRT    01:34.113    30
23. Jerome d` Ambrosio    Virgin    01:35.796    19
24. Fernando Alonso    Ferrari    01:35.899    4

memasarkan sapi, para SPG memakai topi cowboy dan celana pendek di atas lutu

Bukan hanya showroom otomotif saja yang menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG), untuk mempromosikan produknya. Showroom sapi pun tidak mau kalah.
Salah seorang pedagang sapi di Depok, Jawa Barat, memanfaatkan SPG untuk membantu menjual hewan-hewan kurban menjelang Idul Adha. Adalah H Doni, yang menyulap showroom mobil miliknya menjadi outlet Sapi.

Di salah satu showroom, di Jalan Akses Kepala Dua, Cimanggis, Depok, terdapat 622 sapi dari jenis limosin, Bali, sapi putih, sapi Jawa, dan sapi keturunan Australia.
Showroom yang letaknya tidak jauh dari Markas Komando (Mako) Brimob ini diisi empat orang SPG.
Setiap harinya, mereka mengenakan seragam berwarna hijau, putih, dan pink bertuliskan "Ladies Cowboy H Doni". 'Seragam' mereka disesuaikan dengan situasi,  topi cowboy dan celana pendek.

Menurut H Doni, ide menggunakan SPG ini ia dapatkan ketika  bekerja di Australia.

"Kalau di sana itu kan biasa. Perempuan di tempat penggilingan sapi, di pelelangan. Namun di negeri kita ini sesuatu yang baru," ujar  Doni kepada VIVAnews.com, Jumat 28 Oktober 2011.

Ia mengaku menggunakan jasa SPG dalam memasarkan dagangannya sejak tiga tahun yang lalu. "Kira-kira sejak 2009 lalu," tambahnya.

Doni menjelaskan, saat ini dia memiliki delapan outlet sapi dan menggunakan sebanyak 22 SPG.
Dia mengatakan kebanyakan yang menjadi SPG di showroomnya adalah mahasiswi. "Mereka merupakan mahasiswi yang lagi magang di showroom ini. Usia mereka rata sekitar 20-an," terangnya.

Doni mengungkapkan, di salah satu showroomnya di Cimanggis, ada beberapa yang berasal dari universitas ternama. "Ada yang dari UGM, bahkan IPB, jurusannya peternakan," terang dia.

Di showroom, Doni menerangkan, ia menyediakan fasilitas kartu kredit. Per minggu dia bisa menjual lebih dari 400 sapi. "Minggu lalu saja habis sebanyak 422 ekor," ungkap Doni.

Ekspor Rotan Dilarang

Kebijakan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan baru-baru ini melarang ekspor bahan baku rotan. Kebijakan itu justru membuat Menteri Perindustrian MS Hidayat bertekad untuk mengembalikan kejayaan industri berbasis rotan asal Indonesia.

"Ini merupakan kepentingan nasional industri rotan yang dulu pernah mengalami kejayaan, dan sekarang mesti berjaya kembali," kata MS Hidayat di Cirebon, Jumat 28 Oktober 2011.

Ia menjelaskan, sekitar 85 persen bahan baku rotan ada di Indonesia. Untuk itu, menurut Hidayat, sudah semestinya pemerintah membuat industri rotan bangkit kembali.

Keputusan ini, dia melanjutkan, bukan hanya untuk kepentingan pengusaha, tapi bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. "Masa Indonesia yang hutannya menghasilkan rotan, tapi industrinya tidak maju. Malah industri negara lain yang maju," ujar Hidayat.

Dengan konsep yang baik dan matang, ia meyakini industri rotan bisa berkembang pesat. Caranya, dengan membangkitkan sentra industri rotan di daerah penghasil rotan. "Dalam tiga tahun bisa membangkitkan lagi industri-industri rotan yang terpuruk," tutur mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri itu.

Mengenai adanya pihak-pihak yang dirugikan dengan ditutupnya ekspor rotan itu, Hidayat mengatakan akan segera mencari solusinya. "Tentu akan ada pihak yang dirugikan, namun pemerintah akan menangani masalah tersebut," kata Hidayat.

Kekerasan SMA 70 Dipelihara ?

Kasus bullying atau kekerasan dalam lingkungan sekolah yang terjadi di SMA Negeri 70 Jakarta ditengarai sudah lama berlangsung.

Masalah ini terus menggerogoti sistem moral para siswa, akibat adanya dukungan dari sejumlah pihak untuk terus melembagakan tindakan bullying.

Ketua Komite SMA Negeri 70 Jakarta Musni Umar menduga, tak adanya keberanian pihak sekolah menindak tegas siswa yang melakukan bullying, karena kepentingan anggaran.

"Budaya ini tidak mudah dihentikan karena ada kepentingan dari alumni maupun pihak sekolah yang ingin melembagakan sikap seperti itu," kata Musni Umar saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat, 28 Oktober 2011.

Umar mengatakan, pihak sekolah enggan menindak tegas atau mengeluarkan peserta didik yang terbukti melanggar aturan. Alasannya, kata Umar, sekolah akan kehilangan sumber pemasukan keuangan.

"Bayangkan saja, dalam satu tahun SMA 70 itu mengelola anggaran sebesar Rp15 miliar dari sumbangan peserta didik. Tentu mereka tak mau kehilangan," tegasnya.

Dia memaparkan, sumbangan dari peserta didik kelas reguler saat masuk sejumlah Rp11 juta. Sedangkan untuk kelar internasional, pada tahun pertama, siswa diharuskan membayar sebesar Rp34 juta. Lalu pada tahun kedua sebesar Rp24 juta dan tahun ketiga Rp18 juta.

Kemudian untuk kelas akselerasi (percepatan dua tahun), peserta didik tiap bulannya harus membayar iuran tak kurang dari Rp1 juta, dan untuk kelas regular Rp425 ribu.

"Makanya guru-guru SMA 70 bisa liburan ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia," ucapnya.

Umar menilai, guru-guru di SMA 70 Jakarta tidak mendidik para siswanya dengan hati nurani. Inilah yang menyebabkan adanya krisis moral dalam hubungan sosial antar siswa di sekolah.

"Pada sekolah-sekolah swasta berbasis agama, para guru mendidik dengan hati nurani. Ada kontak batin yang terjalin, sedangkan di sekolah seperti SMA 70 ini gurunya hanya sekadar mengajar tanpa kontak batin dan pendidikan moral," tandasnya.

Kepala Sekolah SMA 70, Sudirman Bur tidak membantah adanya kekerasan di sekolahnya. Namun, dia menilai, laporan sejumlah orangtua murid ke Komisi Nasional Perlindungan Anak berlebihan.

"Tapi secara perlahan-lahan sudah kami tekan. Salah satunya dengan character building," ujar Sudriman, Kamis 27 Oktober 2011.

Bahkan, dia mengklaim, kekerasan di sekolahnya sudah menurun tajam.

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons